Penulis / NIM
ILYAS MOHAMAD / 151409215
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
ABSTRAK
Ilyas Mohamad. 2013. Penerapan Pendekatan Kontekstual Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Pantun (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV SDN 27 Limboto Kabupaten Gorontalo). Skripsi.. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Sumarni Mohamad, S.Pd.,M.Pd dan pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, S.Pd.,M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian: Apakah pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan menulis pantun pada siswa kelas IV SDN 27 Limboto Kabupaten Gorontalo?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis pantun melalui metode pembelajran pendekatan kontekstual pada siswa kelas IV SDN 27 Limboto Kabupaten Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan analisis deskriptif dan kualitatif yang terbagi dalam dua siklus. Dengan jumlah siswa 23 orang.
Dari hasil penelitian dan pembahasa pada tindakan kelas siklus I kemampuan menulis pantun melalui pendekatan kontekstual pada siswa kelas IV SDN 27 Limboto diketahui bahwa dari 23 siswa terdapat 12 orang (52%) yang mendapatkan nilai tuntas, sedangkan yang mendapatkan nilai belum tuntas masih berjumlah 11 orang (48%). Pada tindakan kelas siklus II siswa yang mendapatkan nilai tuntas berjumlah 17 orang (89%) sedangkan yang belum tuntas berjumlah 2 orang (11%). Kesimpulan bahwa kemampuan menulis pantun pada siswa kelas IV SDN Limboto Barat dapat ditingkatkan melalui pendekatan kontekstual.
Kata Kunci: Pendekatan Kontekstual, Menulis Pantun
Download berkas