Penulis / NIM
NOPRIN NAKI / 151409216
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Abstrak
ABSTRAK
Noprin Naki. 2013“ Meningkatkan Kemampuan Siswa Memerankan Tokoh Drama Melalui Metode Bercerita di KelasV SDN 2 Tapa, Kab. Bone Bolango.”. Skripsi. Jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Hj. Sumarni Mohamad, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing 2 Dra.Hj. Salma Halidu, S.Pd,M.Pd.
Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui metode Bercerita kemampuan siswa memerankan tokoh drama di kelas V SDN 2 Tapa, Kab. Bone Bolango akan meningkat?. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan memerankan tokoh drama melalui metode bercerita.
Metode Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan teknik kualitatif deskriptif. Adapun yang menjadi karakteristik penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 24 orang siswa yang terdiri dari 9 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswa perempuan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada hasil siklus 1 menjadi48,66%, dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 83,33% dari total 24 orang siswa. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas V SDN 2 Tapa, Kab. Bone Bolango.
Kata Kunci : Memerankan Tokoh Drama, Metode Bercerita
Download berkas