Penulis / NIM
YONA IVANA HANGKIHO / 151409219
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra HAWA PATTIIHA, S.pd .,M.Pd / 0021016008
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak
ABSTRAK
Yona Ivana Hangkiho, 2013. Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Pengumuman Melalui Model CIRC Di Kelas IV SDN 2 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hawa Pattiiha, S.Pd. M.Pd Pembimbing II Hj. Sumarni Mohammad, S.Pd. M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah kemampuan siswa membaca pengumuman melalui model CIRC di kelas IV SDN 2 Tapa Kabupaten Bone Bolango dapat ditingkatkan?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca pengumuman melalui model CIRC di kelas IV SDN 2 Tapa Kabupaten Bone Bolango.
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan yang dilaksanakan dalam dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II, setiap siklus terdiri dari persiapan tindakan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, analisi dan refleksi . Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian bahwa data analisis Kemampuan siswa pada evaluasi siklus I menunjukkan Dari 25 siswa, yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar sebanyak 15 siswa atau 60%, sedangkan siswa yang belum tuntas sebanyak 10 orang atau 40%. Hasil analisis belajar siswa pada evaluasi akhir siklus II. Siswa yang telah mencapai ketuntasan sebanyak 23 orang atau 92%, sedangkan yang belum tuntas sebanyak 2 siswa atau 8%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model CIRC dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas IV SDN 2 Tapa Kabupaten Bone Bolango pada materi membaca pengumuman.
Kata Kunci: Kemampuan, Membaca Pengumuman, Model CIRC.
Download berkas