Penulis / NIM
YULIANA LACORO / 151409225
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Pembimbing 2 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Abstrak
ABSTRAK
Yuliana Lacoro.NIM 151 409 225. Meningkatkan Keterampilan Menjumlah Bilangan Bulat Melalui Pendekatan Open-Ended pada siswa kelas IV SDN 12 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo.. Skripsi. 2014. Jurusan pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan UNG. Pembimbing I Ismail Pioke, S.Pd,M.Pd dan pembimbing II Dr, Asni Ilham, S.Pd, M.Si.
Masalah dalam penelitian ini adalah apakah keterampilan menjumlah bilangan bulat dapat ditingkatkan melalui pendekatan Open-Ended pada siswa kelas IV SDN 12 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menjumlah bilangan bulat melalui pendekatan Open-Ended pada siswa kelas IV SDN 12 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam bentuk siklus. Setiap siklus melalui 4 tahap yaitu tahap perencanaan/persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, serta tahap analisis dan refleksi. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, tes dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I dari total jumlah 22 siswa yang dikenai tindakan, terdapat 12 siswa atau 54,55% yang dinyatakan terampil menjumlah bilangan bulat dan yang belum terampil masih sebanyak 10 siswa atau 45,45%. Hal ini menunjukkan bahwa belum mencapai indikator keberhasilan penelitian yang ditetapkan minimal 75% siswa memperoleh nilai 70 ke atas berarti indikator keberhasilan yang ditetapkan belum tercapai. Sehingga penelitian ini dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II siswa yang terampil ada 18 siswa atau 81,81%, dan yang belum terampil ada 4 siswa atau 18,19 %. Hasil yang dicapai pada siklus II melebihi indikator yang diharapkan, dan 4 siswa yang belum terampil diberikan bimbingan lanjutan secara tersendiri.
Dari hasil penelitian yang dilakukan disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan open-ended meningkatkan keterampilan menjumlah bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN 12 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo.
Kata kunci : keterampilan, menjumlah, bilangan bulat, pendekatan,Open-ended
Download berkas