Penulis / NIM
RUKIYATI A. UMAR / 151409226
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Pembimbing 2 / NIDN
Dra HAWA PATTIIHA, S.pd .,M.Pd / 0021016008
Abstrak
Rukiyati Umar. 2013. Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Dengan Pilihan Kata Melalui Model Picture And Picture Pada Siswa Kelas III SDN 3 Batudaa Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd, Pembimbing II : Dra. Hawa Pattiiha, S.Pd, M.Pd
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Apakah penggunaan model picture and picture mampu meningkatkan kemampuan siswa menulis puisi dengan pilihan kata di kelas III SDN 3 Batudaa Kabupaten Gorontalo?”. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi dengan pilihan kata melalui model picture and picture pada siswa kelas III SDN 3 Batudaa Kabupaten Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas. Dengan teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis persentase. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari tahap awal, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi.
Pada siklus I jelas menunjukkan bahwa persentase siswa yang memiliki kemampuan untuk menulis puisi dengan pilihan kata mengalami peningkatan yang cukup siginifikan yaitu menjadi 11 orang (61.11%), selanjutnya pada siklus II persentase hasil capaian mengalami peningkatan yaitu 15 siswa atau 83.33% siswa yang ada di SDN 3 Batudaa Kabupaten Gorontalo yang mampu menulis puisi dengan pilihan kata dengan baik.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan anak dalam menulis puisi dengan pilihan kata dapat ditingkatkan dengan menggunakan model picture and picture.
Kata Kunci: menulis puisi dengan pilihan kata, model picture and picture
Download berkas