Penulis / NIM
DESRIYANTI ABDULLAH / 151409227
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Abstrak
ABSTRAK
Desriyanti Abdullah. 2013 Meningkatkan Kemampuan Siswa Menemukan Kalimat Utama Dalam Tesk Wacana Melalui Model CIRC Pada Kelas IV SDN 2 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dra Hj. Salma Halidu, M.Pd, Pembimbing II. Dr. Yusuf Jafar, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Apakah kemampuan siswa menemukan kalimat utama dalama teks wacana melalui model Circ di kelas IV di SDN 2 TAPA Kab. Bone Bolango dapat ditingkatkan? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menemukan kalimat utama dalam teks wacana melalui model Circ di kelas IV SDN 2 TAPA Kabupaten Bone Bolango .
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dalam pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes kemampuan siswa. Teknik analisis data dalam penelititan ini menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitaif deskriptif persentase, dengan jumlah siswa 26 orang.
Dari hasil analisis penelitian menunjukan pada observasi awal siswa yang mampu menemukan kalimat utama hanyalah 6 orang (23%) , pada siklus I masih terdapat 11 atau (43%) siswa mampu menemukan kalimat utama, dan pada siklus II sudah meningkat menjadi 20 siswa atau 77% siswa yang mampu menemukan kalimat utama dalam teks wacana. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa dalam meningkatkan kemampuan siswa menemukan kalimat utama melalui model CIRC ini dapat menumbuh kembangkan interaksi sosial siswa seperti kerjasama, membangkitkan motivasi belajar, memperluas wawasan dan aspirasi guru dalam mengajar. Dan terbukti kebenarannya dalam pembelajaran pada Siswa kelas IV SDN 2 Tapa jadi meningkat.
Kata Kunci : Menemukan kalimat utama, teks wacana , model CIRC.
Download berkas