SKRIPSI

Penulis / NIM
OWIN MOHA / 151409229
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK Owin Moha. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Sumber Daya Alam Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match di Kelas IV SDN 3 Tabongo Kabupaten Gorontalo. (Skripsi). Jurusan PGSD. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Drs. Djotin Mokoginta, M.Pd Pembimbing II: Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa tentang sumber daya alam di kelas IV SDN 3 Tabongo Kabupaten Gorontalo dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang sumber daya alam di kelas IV SDN 3 Tabongo Kabupaten Gorontalo melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Hipotesis dalam penenlitian ini adalah : “Jika model pembelajaran kooperatif tipe make a match diterapkan dalam proses pembelajaran, maka hasil belajar siswa tentang sumber daya alam di kelas IV SDN 3 Tabongo Kabupaten Gorontalo akan meningkat”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1, untuk aspek penilaian kognitif dari total 25 siswa yang dikenai tindakan, sebanyak 15 siswa atau 60% tidak tuntas dalam belajar, sedangkan 10 siswa atau 40% telah tuntas dalam belajar. Sedangkan untuk aspek penilaian afektif dari 25 siswa yang dikenai tindakan, 13 orang atau 52% memperoleh predikat nilai kurang, 7 orang atau 28% memperoleh predikat nilai sedang, dan 5 siswa atau 20% memperoleh predikat nilai tinggi. Pada siklus 2 menunjukkan bahwa untuk aspek penilaian kognitif dari total 25 siswa yang dikenai tindakan, sebanyak 3 siswa atau 12% tidak tuntas dalam belajar, sedangkan 22 siswa atau 88% telah tuntas dalam belajar. Sedangkan dalam penilaian aspek afektif, diperoleh hasil, dari 25 siswa yang dikenai tindakan, 17 orang atau 68% memperoleh predikat nilai tinggi, 5 orang atau 20% memperoleh predikat nilai sedang, dan 3 siswa atau 12% memperoleh predikat nilai kurang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe make a match, sangat tepat diterapkan dalam pembelajaran IPA khususnya pada materi sumber daya alam, karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe make a match, sumber daya alam
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011