Penulis / NIM
OWIN MOHA / 151409229
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Owin Moha. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Sumber Daya Alam Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match di Kelas IV SDN 3 Tabongo Kabupaten Gorontalo. (Skripsi). Jurusan PGSD. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Drs. Djotin Mokoginta, M.Pd Pembimbing II: Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa tentang sumber daya alam di kelas IV SDN 3 Tabongo Kabupaten Gorontalo dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang sumber daya alam di kelas IV SDN 3 Tabongo Kabupaten Gorontalo melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Hipotesis dalam penenlitian ini adalah : “Jika model pembelajaran kooperatif tipe make a match diterapkan dalam proses pembelajaran, maka hasil belajar siswa tentang sumber daya alam di kelas IV SDN 3 Tabongo Kabupaten Gorontalo akan meningkat”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1, untuk aspek penilaian kognitif dari total 25 siswa yang dikenai tindakan, sebanyak 15 siswa atau 60% tidak tuntas dalam belajar, sedangkan 10 siswa atau 40% telah tuntas dalam belajar. Sedangkan untuk aspek penilaian afektif dari 25 siswa yang dikenai tindakan, 13 orang atau 52% memperoleh predikat nilai kurang, 7 orang atau 28% memperoleh predikat nilai sedang, dan 5 siswa atau 20% memperoleh predikat nilai tinggi. Pada siklus 2 menunjukkan bahwa untuk aspek penilaian kognitif dari total 25 siswa yang dikenai tindakan, sebanyak 3 siswa atau 12% tidak tuntas dalam belajar, sedangkan 22 siswa atau 88% telah tuntas dalam belajar. Sedangkan dalam penilaian aspek afektif, diperoleh hasil, dari 25 siswa yang dikenai tindakan, 17 orang atau 68% memperoleh predikat nilai tinggi, 5 orang atau 20% memperoleh predikat nilai sedang, dan 3 siswa atau 12% memperoleh predikat nilai kurang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe make a match, sangat tepat diterapkan dalam pembelajaran IPA khususnya pada materi sumber daya alam, karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe make a match, sumber daya alam
Download berkas