Penulis / NIM
RAMLAN ABAS / 151409238
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Abstrak
ABSTRAK
Ramlah Abas. 2013. Penerapan Pendekatan Kontekstual Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas Awal SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Samsiar RivaI, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Martianty Nalole, M.Pd.
Yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika di kelas awal SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika di kelas awal SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif Kualitatif, yang bertujuan memberikan gambaran (deskripsi) tentang karakteristik objek penelitian sesuai dengan data empirik di lapangan, yakni mendeskripsikan gambaran penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika di kelas awal SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango.
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, dapat diperoleh hasil penelitian tentang penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika di kelas awal SDN 3 Bulango Timur Kabupaten Bone Bolango bahwa guru di kelas awal sudah menerapkan pendekatan kontekstual dengan baik.
Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan kontekstual dalam pembelajaran matematika khususnya di kelas awal dapat membantu siswa dan guru mencapai tujuan pembelajaran yang maksimal karena pelaksanaannya secara nyata dan langsung berinteraksi dengan lingkungan sekitar siswa.
Kata Kunci : Penerapan, Kontekstual, Matematika.
.
Download berkas