Penulis / NIM
NURMILA MOKODOMPIS / 151409242
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK
Nurmila Mokodompis. 2013. Deskripsi Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Pembelajaran Matematika Di SDN 2 Suwawa. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Martianty Nalole, M.Pd dan pembimbing II Dra. Samsiar RivaI, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada pembelajaran Matematika di SDN 2 Suwawa?" Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada pembelajaran matematika di SDN 2 Suwawa.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di kelas IV SDN 2 Suwawa. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru seluruh siswa. Data yang dikumpulkan dari penelitian ini berupa wawancara, observasi serta dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki minat yang tinggi dalam mengikuti pembelajaran, merasa lebih tertarik dengan model Jigsaw yang digunakan karena sebelumnya siswa belum pernah mendapat pembelajaran dengan menggunakan model jigsaw, siswa merasakan kemudahan setelah mendapat pembelajaran matematika menggunakan pembelajaran kooperatif model jigsaw, siswa merasa lebih mudah karena dapat saling bertukar pikiran dan berpikir bersama-sama dengan siswa yang lain
Dari hasil penelitian maka disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, pemahaman siswa SDN 2 Suwawa Kabupaten Bone Bone Bolango pada pembelajaran matematika cukup optimal.
Kata Kunci : Deskripsi, Model Jigsaw, Matematika
Download berkas