SKRIPSI

Penulis / NIM
MERIYANTI T MOHAMAD / 151409243
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK Meriyanti T. Mohamad, 2013. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menghitung Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Biasa pada Siswa kelas IV SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi jurusan pendidikan guru sekolah dasar fakultas ilmu pendidikan universitas negeri gorontalo, pembimbing I: Dra. Martianty Nalole, M.Pd, dan Pembimbing II: Dra. Samsiar RivaI, S.Pd., M.Pd. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya guru meningkatkan keterampilan menghitung penjumlahan dan pengurangan pecahan biasa pada siswa kelas IV SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo, dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru meningkatkan keterampilan menghitung penjumlahan dan pengurangan pecahan biasa dalam pembelajaran matematika di kelas IV SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo. Adapun metode yang digunakan untuk memecahkan masalah dan mencapai tujuan penelitian adalah metode penelitian kualitatif. Penelitian yang dilakukan untuk menemukan informasi ilmiah melalui data kualitatif, yang selanjutnya dipaparkan secara deskriptif. Dari hasil wawancara guru dan siswa diperoleh gambaran bahwa materi penjumlahan dan pengurangan pecahan biasa mulai diajarkan pada kelas IV awal semester genap. Adapun upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan keterampilan menghitung penjumlahan dan pengurangan pecahan biasa guru melakukan beberapa upaya dalam proses pembelajaran. Upaya itu diantaranya, memperbaiki metode pembelajaran, menggunakan media yang menarik. Berdasarkan hasil peneltian dan pembahasan yang dikemukakan dapat disimpulkan bahwa Upaya Meningkatkan Keterampilan Menghitung Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Biasa yang digunakan oleh guru kelas IV SDN 4 Telaga Kabupaten Gorontalo dalam pembelajaran matematika diantaranya adalah menggunakan media yang menarik, menggunakan metode pembelajaran yang tepat, upaya inilah yang mampu membantu guru dalam meningkatkan keterampilan siswa dan meningkatkan hasil belajar siswa dalam penjumlahan dan pengurangan pecahan biasa. Kata Kunci: keterampilan menghitung, penjumlahan, pengurangan, pecahan biasa.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011