Penulis / NIM
FIENCE ISHAK KOEM / 151409247
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK
Fince Ishak Koem. 2013. Meningkatkan Kemampuan Membaca Melalui Model Pembelajaran Jigsaw Pada Siswa Kelas III SDN 2 Tontulow Utara Kabupaten Bolmong Utara. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dr. Hj.Rusmin Husain, S.Pd, M.Pd, Pembimbing II. Samsiar RivaI, S.Pd. M,Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah Penggunaan Model Pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan kemampuan membaca pada siswa kelas III SDN 2 Tontulow Utara Kabupaten Bolmong Utara ?Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan membaca melalui model pembelajaran jigsaw pada siswa kelas III SDN 2 Tontulow Utara Kabupaten Bolmong Utara.
Dari Hasil penelitian yang dilakukan pada siswa kelas III SDN 2 Tontulow Utara Kabupaten Bolmong Utara. Pada siklus I dari 20 siswa yang mampu membaca 13 orang siswa atau 65%, tidak mampu 7 orang siswa atau 35%. Pada silkus II Ternyata sebagian besar dari 20 siswa mampu membaca 17 orang siswa atau 85%, Tidak mampu membaca 3 orang siswa atau 15%.
Berdasarkaan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw telah meningkatkan kemampuan membaca pada siswa kelas III SDN Tontulow Utara kabupaten Bolmong Utara.
Kata Kunci : Kemampuan Membaca,Model Pembelajaran Jigsaw.
Download berkas