Penulis / NIM
SUNARTI AHMAT / 151409249
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Pembimbing 2 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Abstrak
ABSTRAK
Sunarti Ahmad. 2013.Deskripsi Tentang Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keterampilan Menjumlah Bilangan Bulat DiKelas IV SDN 2 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Ismail Pioke, S.Pd, M.Pddan Pembimbing II Dr. Hj. Asni Ilham, S.Pd, M.Si.
Permasalahan dalam penelitian ini bahwa “faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keterampilan menjumlah bilangan bulat dikelas IV SDN 2 Telaga, Kabupaten Gorontalo?”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi keterampilan menjumlah bilangan bulat dikelas IV SDN 2 Telaga, Kabupaten Gorontalo.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif. Desain yang dilakukan adalah deskripsi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi keterampilan menjumlah bilangan bulat pada siswa kelas IV SDN 2 Telaga Kabupaten Gorontalo. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi : instrumen angket siswa dan wawancara untuk guru.Dengan demikian dapat disimpulkan faktor-faktor yang mempengaruhi keterampilan menjumlah bilangan bulat dikelas IV SDN 2 Telaga diantaranya yaitu minat siswa dan perhatian orang tua, hal ini dapat kita lihat pada jawaban angket siswa dimana pada minat siswa ada 52,78% yang menjawab kadang-kadang, sedangkan perhatian orang tua ada 41,66% dan 44,44% yang menjawab kadang-kadang. Dan faktor-faktor yang tidak berpengaruh pada keterampilan menjumlah bilangan bulat di SDN 2 Telaga adalah motivasi, metode, media, dan pembimbingan guru.
Kata Kunci: Keterampilan, Mempengaruhi, Menjumlah, Bilangan Bulat
Download berkas