Penulis / NIM
MEWIN T. ZAIN / 151409257
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Abstrak
ABSTRAK
Mewin T. Zain. 2013. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menentukan Kata Sukar
Dalam Teks Bacaan Melalui Model STAD Di Kelas IV SDN 2 Molopatodu Kabupaten
Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu
Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Yusuf Jafar, M.Pd dan
Pembimbing II Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd
Adapun permsalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah kemampuan siswa
menentukan kata sukar dalam teks bacaan melalui model STAD di kelas IV SDN 2
Molopatodu Kabupaten Gorontalo dapat ditingkatkan. Adapun tujuan dalam penelitian
ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menentukan kata sukar dalam teks
bacaan melalui model STAD di kelas IV SDN 2 Molopatodu Kabupaten Gorontalo.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah PTK dengan menggunakan analisis
data secara deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan
dalam 2 siklus dengan jumlah siswa 18 orang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 10
orang perempuan.
Berdasarkan hasil penelitian, proses pembelajaran materi menentukan kata sukar
dalam bacaan menggunakan Model STAD di kelas IV SDN 2 Molopatodu Kabupaten
Gorontalo ketuntasan pada siklus I meningkat menjadi sejumlah 12 orang atau
ketuntasan sebesar 66.67% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 17 orang atau
ketuntasan sebesar 94.44%. Dengan adanya peningkatan tersebut maka dapat
disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan siswa menentukan kata sukar
dalam bacaan melalui model STAD dan siswa terlihat lebih aktif.
Kata Kunci: Menentukan Kata Sukar, Teks Bacaan, Model STAD.
ABSTRACT
Mewin T. Zain. 2013. Increase Student Ability Determines Difficult Word In Reading
Text Passes Model STAD At Class IV SDN 2 Molopatodu Regency Gorontalo.
Skripsi, Schoolteacher Education Direction Base, Education Science Faculty, Country
University Gorontalo. My Guide Is Dr. Yusuf Jafar, M.Pd and Guide II Dra. Hj. Salma
Halidu, S. Pd, M. Pd
As for permsalahan in this research is " Do ability of student determine difficult word
in reading text pass model of STAD in class of IV SDN 2 Molopatodu Sub-Province
of Gorontalo can be improved. As for target of in this research is to improve ability of
student determine difficult word in reading text pass model of STAD in class of IV
SDN 2 Molopatodu Sub-Province of Gorontalo
Used method at this research is PTK by using data analysis descriptive qualitative.
Technique data collecting which is used in research use observation, documentation
and tes. This research is executed in 2 cycle with amount of student 18 people consist
of 8 joe and 10 women.
Pursuant to result of research, process study of items determine difficult word in
reading use Model of STAD in class of IV SDN 2 Molopatodu Regency of Gorontalo
complete which obtained by student before using study of model of STAD only a
number of 6 people or complete equal to 33.33%, at cycle of I mount to become a
number of 12 people or complete equal to 66.67% and at cycle of II mount again
become 17 people or complete equal to 94.44%. With existence of the improvement
hence can be concluded that happened the make-up of ability of student determine
difficult word in reading model of STAD and student seen more active.
Keyword: Determine Difficult Word, Text Reading, Model STAD.
Download berkas