Penulis / NIM
HARTATI RADEN / 151409262
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Hartati Raden. 2013. Kemampuan Siswa Mengungkapkan Pendapat Menggunakan Media Audio Visual diKelas IV SDN 2 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Jurusan Pendidikan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd Pembimbing II Wiwy T. Pulukadang, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana mendeskripsikan Kemampuan siswa mengeluarkan pendapat menggunakan media audio visual pada siswa kelas IV SDN 2 Tapa Kabupaten Bone Bolango? Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan siswa mengungkapkan pendapat menggunakan media audio visual di kelas IV SDN 2 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Metode penelitian dengan menggunakan teknik desriptif dalam hal ini pengumpulan data menggunakan hasil wawancara siswa dan guru, serta dokumentasi guna melengkapi informasi yang diperoleh.
Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa dengan media audio visual kemampuan siswa mengungkapkan pendapat cukup meningkat yakni; aspek pilihan kata kriteria mampu 11 orang atau 44 %, kurang mampu 8 orang atau 32 %, tidak mampu 6 orang atau 24 %. aspek struktur kalimat kriteria mampu 11 orang atau 44 %, kurang mampu 9 orang atau 36 %, tidak mampu 5 orang atau 20 %. aspek kelancaran kriteria mampu 10 orang atau 40 %, kurang mampu 7 orang atau 28 %, tidak mampu 8 orang atau 32 % dan aspek keberanian kriteria mampu 8 orang atau 32 %, kurang mampu 9 orang atau 36 % dan tidak mampu 8 orang atau 32 %. Berdasarkan analisis data pada kemampuan siswa dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media audio visual kemampuan siswa mengeluarkan pendapat dapat ditingkatkan.
Kata Kunci : Kemampuan, Mengeluarkan Pendapat, Media Audio Visual
Download berkas