Penulis / NIM
IMELDA PIPII / 151409264
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Abstrak
ABSTRAK
Imelda Pipii. 2013. Penggunaan Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Laporan Pengamatan Siswa Kelas V SDN 7 Talaga Jaya Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd. M.Pd dan Pembimbingan 2 Dr. Yusuf Djafar. M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah dengan penggunaan pendekaan kontekstual keterampilan siswa Kelas V SDN 7 Talaga JayaKabupaten Gorontalo dalam menulis Laporan Pengamatan dapat ditingkatkan? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis Laporan Pengamatan melalui Pendekaan Kontekstual pada siswa Kelas V SDN 7 Telaga JayaKabupaten Gorontalo.
Metode dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan teknik analisis desriptif kualitatif dalam hal ini pengumpulan data observasi, tes serta dokumentasi yang dilakukan dalam dua tahap yakni siklus I dan siklus II.
Pada tindakan siklus I terdapat 52 % atau 14 orang siswa yang memperoleh kriteria mampu dan 48 % atau 13 orang siswa memperoleh kriteria tidak mampu. Pada siklus II meningkat menjadi 81 % atau 22 orang siswa memperoleh kriteria mampu, 19 % memperoleh kriteria tidak mampu. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis laporan pengamatan pada pelajaran Bahasa Indonesia
Kata Kunci: Menulis Laporan Pengamatan, Pendekatan Kontekstual
Download berkas