Penulis / NIM
SRIA NELVI A MAKSUD / 151409265
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
Sria Nelvi A Maksud . 2013.. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran ThinkPairshare( TPS ) Di Kelas IV SDN 2 Suwawa Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Elmia Umar, M.Pd,
pembimbing IINurhayati Tine S.Pdi.I.MH.i
Permasalahan dalam penelitian ini apakah apakah model thinkpairshare( TPS )dapat meningkatkan motivasi siswa pada materi sistem pemerintahan pusat pada kelas IV SDN 2 Suwawa Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango? Adapun tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi siswa pada materi sistem pemerintahan pusat pada kelas IV SDN 2 Suwawa Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango.
Hasil penelitian menunjukan peningkatan skor observasi terhadap tiga indikator ( perhatian, ;percaya diri, kepuasan ) pada observasi aswal hasil sementara dari 30 orang siswa hanya 20 % atau 6 orang siswa yang memperlihatkan motivasi, sementara 80 % atau 24 orang siswa belum memperlihatkan motivasi belajarnya. Oleh karena itu peneliti melanjutkan dengan tahapan siklus I. Pada siklus I dengan jumlah siswa 30 orang hanya 32,83 % atau 9 orang siswa memperlihatkan motivasi belajarmnya. Sementara 80,33 % atau 21 orang siswa yang belum memperlihatkan motivasi belajarnya. Sedangkan pada siklus II, 80,33 % atau 21 siswa yang memperlihatkan motivasi belajarnya dan 32,83 % yang belum memperlihatkan motivasi belajarnya.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran think pair share dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada materi sistem pemerintahan pusat pada mata pelajaran Pkn kelas IV SDN 2 Suwawa Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango.
Kata Kunci: Motivasi Siswa dan think pair share
Download berkas