Penulis / NIM
MIRDA KAHARU / 151409269
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
ABSTRAK
Mirda Kaharu. 2014, Meningkatkan Kemampuan Siswa Berbicara Melalui Metode Sosiodrama di Kelas IV SDN 14 Kota Barat Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Apakah kemampuan berbicara siswa dapat ditingkatkan melalui metode sosiodrama di kelas IV SDN 14 Kota Barat Kota Gorontalo?" Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa berbicara melalui metode sosiodrama di kelas IV SDN 14 Kota Barat Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus di kelas IV di SDN 14 Kota Barat Kota Gorontalo. Tehnik Pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi aktivitas guru dan siswa, wawancara, tes, dan dokumentasi.
Hasil observasi awal menunjukkan 42,11% (8 orang) yang mampu berbicara dan 57,85% (11 orang) yang tidak mampu berbicara sedangkan pada siklus I mencapai 14 orang yang mampu (73,68%) yang tidak mampu 5 orang (32,00%)Setelah dilaksanakan siklus II jumlah siswa yang mampu meningkat menjadi 17 orang (89.47%) sedangkan yang belum mampu berjumlah 2 orang (10.53%). Jadi kesimpulannya bahwa dengan menggunakan metode sosiodrama di kelas IV di SDN 14 Kota Barat Kota Gorontalo meningkat.
Kata Kunci: Kemampuan Siswa Berbicara, Metode Sosiodrama
Download berkas