Penulis / NIM
RIYANTI WUNATI / 151409273
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK
Riyanti Wunati. 2013. Meningkatkan hasil belajar siswa pada materi memelihara dan melestarikan lingkungan sekitar melalui model pembelajaran interaktif di Kelas III SDN 2 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi memelihara dan melestarikan lingkungan sekitar di kelas III SDN 2 Tapa Kabupaten Bone Bolango? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatahui peningkatan hasil belajar siswa tentang materi memelihara dan melestarikan lingkungan sekitar melalui model pembelajaran interaktif di kelas III SDN 2 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Sehingga hipotesis dalam penelitian ini adalah jika guru menggunakan model pembelajaran interaktif pada materi memelihara dan melestarikan lingkungan sekitar di kelas III SDN 2 Tapa maka hasil belajar siswa akan meningkat. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa tentang materi memelihara dan melestarikan lingkungan sekitar sesuai indikator kinerja yang telah ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa berdasarkan hasil penelitian terbukti bahwa penggunaan model pembelajaran interaktif ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas III SDN 2 Tapa Kabupaten Bone Bolango.
Kata Kunci : Hasil Belajar , Model, Pembelajaran, Interaktif
Download berkas