SKRIPSI

Penulis / NIM
I WAYAN SUDIANA / 151409279
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Abstrak
ABSTRAK I Wayan Sudiana. 2011. “Meningkatkan Pemahaman Konsep Menbandingkan Dua Pecahan Biasa Melalui Model Pembelajaran RME (Realistics Mathematic Education) Di Kelas III SDN No. 87 Kota Tengah.” Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dra. Samsiar Rivai, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II. Dra. Hj. Asni Ilham, S.Pd, M.Si Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah pemahaman konsep membandingkan dua pecahan biasa dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran RME ( Realistics Mathemathic Education) siswa kelas III SDN No. 87 Kota Tengah Kota Gorontalo ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam membandingkan dua pecahan biasa dengan menggunakan model pembelajaran RME ( Realistics Mathemathic Education) siswa kelas III SDN No. 87 Kota Tengah Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Metode ini dimaksudkan untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam membandingkan dua pecahan biasa melalui model pembelajaran RME ( Realistics Mathemathic Education) siswa kelas III SDN No. 87 Kota Tengah Kota Gorontalo yang dilaksanakan dalam dua siklus. Dengan jumlah siswa 26 orang terdiri dari 14 orang laki-laki dan 12 orang perempuan. Dari hasil penelitian pada pembelajaran siklus I diproleh data, Dari 26 siswa yang dapat membandingkan dua pecahan biasa dengan tepat hanya 12 orang atau 46,1 % dan tidak tepat dalam membandingkan dua pecahan biasa 14 orang atau 53,8 %. Sedangkan pada siklus II meningkat dimana Dari 26 siswa yang dapat membandingkan dua pecahan biasa dengan tepat hanya 20 orang atau 76,9 % dan tidak tepat dalam membandingkan dua pecahan biasa 6 orang atau 23 %. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan maka penulis menyimpulkan bahwa dengan menggunakan model RME ( Realistic mathematic Education ) pemahaman konsep membandingkan dua pecahan biasa pada siswa kelas III B SDN No. 87 Kota Tengah Kota Gorontalo meningkat. Kata Kunci : Konsep membandingkan, Pecahan Biasa, model pembelajaran RME ( Realistics Mathemathic Education).
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011