Penulis / NIM
SRI LINDAWATY SUDIRMAN / 151409281
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK
Sri Lindawaty Sudirman. 2013 “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Dampak Peristiwa Alam melalui Model Pembelajaran Example Non Example di Kelas V SDN 1 Batutajam Kecamatan Pinogaluman Kabupaten Bolaang Mongondow Utara”. Skripsi ; Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Drs. Djotin Mokoginta,S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan pada penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa tentang dampak peristiwa alam dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran example non example?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang dampak peristiwa alam melalui model pembelajaran example non example di kelas V SDN 1 Batutajam Kecamatan Pinogaluman Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian PTK yang dilaksanakan di kelas V SDN 1 Batutajam Kecamatan Pinogaluman Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dengan subjek penelitian siswa yang berjumlah 16 orang, yang diolah secara kuantitatif, dengan empat tahapan penelitian, yakni persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan evaluasi, refleksi, dan dianalisis menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I, dari jumlah siswa sebanyak 16 orang, siswa yang memperoleh nilai 65 keatas pada siklus I adalah 56,25% atau 9 orang dan siswa yang memperoleh nilai 65 kebawah 43,75% atau 7 orang, sehingga dilaksanakan tindakan ke siklus II, siswa yang memperoleh nilai 65 keatas 87,5% atau 14 orang dan yang memperoleh nilai 65 kebawah 12,5% atau 2 orang. Hasil capaian ini melebihi indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada materi dampak peristiwa alam di kelas SDN 1 Batutajam Kecamatan Pinogaluman Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran example non example. Dengan demikian bahwa hipotesis tindakan yang telah dirumuskan terbukti dan dapat diterima.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Dampak Peristiwa Alam, Model Pembelajaran Example Non Example
Download berkas