SKRIPSI

Penulis / NIM
YULIN P. DJAKFAR / 151409285
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK YULIN P. DJAFAR Nim: 151 409 285. Meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan keliling persegi dan persegi panjang melalui pembelajaran kooperatif tipe Two Stay, Two Stray pada siswa kelas III SDN 4 Tabongo skripsi program studi S1 PGSD jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendiddikan Universitas Negri Gorontalo. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Apakah melalui pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan keliling persegi dan persegi panjang pada siswa kelas III SDN 4 Tabongo Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo? Adapun yang menjadi tujuan utama dalam penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan keliling persegi dan persegi panjang pada pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray pada siswa kelas III SDN 4 Tabongo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang meliputi 4 tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap pemantapan dan evaluasi, tahap analisis, dan tahap refleksi. Tehnik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus 1dari 19 siswa hanya 8 siswa yang mampu menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan keliling persegi dan persegi panjang atau 42,10% yang memperoleh nilai 70 keatas. Dan 11 siswa belum mampu menyelesaiakan soal cerita yang berhubungan dengan keliling persegi dan persegi panjang yang atau 57,90% yang memperoleh nilai 70 kebawah. Hal ini belum sesuai dengan indikator kinerja yang telah ditetapkan yakni minimal 80% siswa yang dikenai tindakan mencapai standar ketuntasan belajar minimal ( SKBM ) dengan nilai 70 ke atas hingga dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II siswa yang mampu menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan keliling persegi dan persegipanjang melalui pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray sebanyak 16 siswa atau 84,21 % yang memperoleh nilai 70 keatas dan yang belum mampu 3 siswa atau 15,79 % yang memperoleh nilai 70 ke bawah. Dengan demikian disimpulkan bahwa dengan melalui pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray, kemampuan menyelesaikan soal cerita yang berhubungan dengan keliling persegi dan persegi panjang pada siswa kelas III SDN 4 Tabongo Kabupaten Gorontalo meningkat. Kata Kunci :Kemampuan, keliling,persegi, persegipanjang, two stay, two stray (TS-TS).
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011