Penulis / NIM
UKFILMAYS R. IGIRISA / 151409289
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Abstrak
ABSTRAK
Ukfilmays R. Igirisa. 2014. Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menulis Teks
Cerita Melalui Metode Karyawisata Kelas V SDN 08 Wonosari Kabupaten Boalemo.
Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri
Gorontalo Pembimbing I : Dra, Dajani Suleman, M,Hum dan Pembimbing II : Dra,
Hj. Evi Hasim, M.Pd
Masalah dalam penelitian ini adalah, apakah melalui metode karya wisata dapat
meningkatkan kemampuan siswa menggunakan ejaan dalam menulis teks cerita
bahasa Indonesia di kelas V SDN 08 Wonosari Kabupaten Boalemo? Tujuan
penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menggunakan ejaan
dalam menulis teks cerita melalui metode karya wisata.
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II
dengan jumlah siswa 13 orang. Berdasarkan data observasi awal, siswa yang mampu
menulis teks cerita yakni hanya 2 siswa (15%) dari 13 siswa. Pada siklus I sebanyak 6
orang (46%) dari 13 siswa. Dan pada siklus II meningkat menjadi 12 siswa (92%) dari
13 siswa.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dangan menggunakan
metode karya wisata dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks cerita
di kelas V SDN 08 Wonosari kabupaten Boalemo.
Kata Kunci : Menggunakan ejaan, Menulis teks cerita, Metode karya wisata.
Download berkas