Penulis / NIM
SANTY DJAFAR / 151409295
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstrak
ABSTRAK
Santy Djafar. NIM. 151409295. 2012. Meningkatkan Pemahaman Konsep
Perkalian Bilangan Asli Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD di
Kelas II SDN No. 1 Kota Barat Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru
Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah model pembelajaran
kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan pemahaman konsep perkalian bilangan
asli pada siswa kelas II SDN No. 1 Kota Barat ?”. Tujuan penelitian ini adalah
untuk meningkatkan pemahaman konsep perkalian bilangan asli melalui model
pembelajaran tipe STAD.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SDN No. 1 Kota Barat Kota
Gorontalo, dengan jumlah siswa 20 orang. Indikator kinerja 85%, dari seluruh
siswa yang dikenai tindakan mencapai nilai ketuntasan minimal 65 pada materi
perkalian.
Adapun hasil penelitian tindakan kelas pada siklus I, pemahaman siswa
menunjukkan bahwa dari 20 orang siswa yang dikenakan tindakan, 14 orang atau
70% memperoleh nilai 65 ke atas, sedangkan 6 orang atau 30% memperoleh nilai
kurang dari 65. Hal ini belum sesuai dengan indikator yang ditetapkan. Pada
siklus II, dari 20 orang siswa yang dikenakan tindakan, 18 orang atau 90%
memperoleh nilai 65 ke atas, dengan demikian pada siklus II pemahaman siswa
meningkat.
Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan dapat
disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe
STAD, pemahaman konsep perkalian bilangan asli pada siswa kelas II SDN No.1
Kota Barat Kota Gorontalo meningkat.
Kata Kunci; Pemahaman, konsep, bilangan asli, Kooperatif Tipe STAD
Download berkas