Penulis / NIM
LINDAWATY D. AHMAD / 151409298
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
WIWY TRIYANTY PULUKADANG, S.Pd., M.Pd / 0006038004
Abstrak
ABSTRAK
Lindawaty D. Ahmad. 2013. Meningkatkan Kemampuan Siswa Mengidentifikasi Karakter Tokoh Dalam Cerita Melalui Model Jigsaw Di Kelas V SDN 8 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Evi Hasim, M.Pd dan pembimbing II Wiwy Triyanty Pulukadang, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw kemampuan siswa mengidentifikasi karakter tokoh cerita di kelas V SDN 8 Telaga Kabupaten Gorontalo dapat ditingkatkan? Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan siswa mengidentifikasi karakter tokoh cerita melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada siswa kelas V SDN 8 Telaga Kabupaten Gorontalo.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus di kelas V SDN 8 Telaga Kabupaten Gorontalo dengan 4 tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi serta analisis dan refleksi.
Hasil penelitian kemampuan siswa mengidentifikasi karakter tokoh dalam cerita melalui Model Jigsaw di kelas V SDN 8 Telaga Kabupaten Gorontalo pada observasi awal siswa yang mampu hanya 6 orang atau 38% . Pada tindakan siklus I jumlah siswa yang mampu meningkat menjadi 12 orang atau 70.59% dan pada tindakan siklus II lebih meningkat menjadi 16 orang atau 94.11%.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Jigsaw dapat meningkatkan kemampuan siswa mengidentifikasi karakter tokoh dalam cerita melalui model Jigsaw di kelas V SDN 8 Telaga Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci: Kemampuan, Karakter Tokoh, Model Jigsaw.
Download berkas