Penulis / NIM
NURHAYATI AYUBA / 151409299
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. Hj. RUSMIN HUSAIN, S.Pd., M.Pd / 0014046012
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
ABSTRAK
Nurhayati Ayuba. 2013. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menceritakan Kembali Isi Bacaan Melalui Model Pembelajaran Round Table Di Kelas IV SDN I Tontulow Kecamatan Pinogaluman Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I :Dr. Hj. Rusmin Husain, S.Pd, M. Pd, Pembimbing II : Dra. Ratnarti Pahrun, M. Pd
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah pembelajaran model round table dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas IV dalam menceritakan kembali isi bacaan di SDN I Tontulow Kecamatan Pinogaluman Kabupaten Bolaang Mongondow Utara?” Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas IV pada materi menceritakan kembali isi bacaan melalui model pembelajaran round table di SDN I Tontulow Kecamatan Pinogaluman Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I yang mampu menceritakan kembali isi bacaan sebanyak 9 siswa (56,25%) dan siklus II yang mampu sebanyak 12 siswa (75%). Disimpulkan dari hasil penelitian bahwa dengan menggunakan model round table dapat meningkatkan kemampuan siswa menceritakan kembali isi bacaan di kelas IV SDN I Tontulow telah menunjukkan hasil yang baik sesuai indikator yang diharapkan.
Kata kunci : Menceritakan kembali isi bacaan, Model Round Table
Download berkas