Penulis / NIM
MUHAMAD FAHRI AMPARODO / 151409300
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Abstrak
ABSTRAK
Muh. Fahri Amparodo. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Sifat-Sifat Cahaya Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Dikelas V SDN 11 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I, Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd., M.Pd dan pembimbing II, Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd., M.Pd.
Berdasarkan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses tentang sifat-sifat cahaya dikelas V SDN 11 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo dapat ditingkatkan ? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui pendekatan keterampilan proses materi sifat-sifat cahaya dikelas V SDN 11 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Hipotesis dalam pembelajaran ini adalah jika guru menggunakan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran, maka hasil belajar siswa pada materi sifat-sifat cahaya dikelas V SDN 11 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo akan meningkat. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningtkatan hasil belajar siswa tentang materi sifat-sifat cahaya sesuai dengan indikator kinerja yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang sifat-sifat cahaya dikleas V SDN 11 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo.
Kata kunci : Hasil Belajar Siswa, Sifat-sifat Cahaya. Model Pembelajaran Pendekatan Keterampilan Proses.
Download berkas