ABSTRAK
MISNAWATY KIYAI. 2013. Implementasi Teknik Fading Dalam Meningkatkan Kemampuan Menyusun Kata Menjadi Kalimat Pada Siswa Kelas II SDN 1 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo, Skripsi, Program Studi S1 PGSD Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hj. Sumarni Mohamad, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II Dra Ratnarti Pahrun, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah implementasi teknik fading dapat meningkatkan kemampuan siswa menyusun kata menjadi kalimat pada siswa kelas II SDN 1 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo? Tujuan penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam menyusun kata menjadi kalimat dapat ditingkatkan melalui implementasi teknik fading. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus.
Hasil penelitian tindakan kelas pada siklus I yaitu dari 21 siswa hanya 15 siswa yang memperoleh nilai 70 ke atas atau 71%sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 18 siswa atau 86% yang memperoleh nilai 70 ke atas. Hal tersebut dinyatakan telah mencapai indikator kinerja yang ditetapkan. Maka dapat disimpulkan bahwa implementasi teknik fading dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas II dalam menyusun kata menjadi kalimat di SDN 1 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci : menyusun kata kalimat, teknik fading.