Penulis / NIM
RAHMA ELYUNISYAH T. / 151409313
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK
RAHMA ELYUNISYAH TOLAGO. 2013. Deskripsi Kemampuan Siswa Mengubah Pecahan Biasa Menjadi Pecahan Desimal Di SDN 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra.Martianty Nalole, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Samsiar RivaI, S.Pd, M.Pd.
Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan siswa mengubah pecahan biasa menjadi pecahan desimal di SDN 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa mengubah pecahan biasa menjadi pecahan desimal di SDN 1 Kabila kabupaten Bone Bolango.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif kuantitaif dengan jenis penelitian deskripsi. Penelitian ini dilakukan melalui tiga teknik pengumpulan data, yaitu: wawancara, tes dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan siswa mengubah pecahan biasa menjadi pecahan desimal di SDN 1 Kabila Kabupaten Bone Bolango Siswa kelas IV terdapat 17 siswa dengan kategori mampu dan 3 siswa dengan kategori kurang mampu dan tidak mampu. Siswa kelas V terdapat 11 siswa dengan kategori mampu dan kurang mampu dan 9 siswa dengan kategori kurang mampu dan tidak mampu. Dan siswa kelas VI terdapat 23 siswa dengan kategori mampu dan kurang mampu dalam mengubah pecahan biasa menjadi pecahan desimal.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa kemampuan siswa mengubah pecahan biasa menjadi pecahan desimal di SDN 1 Kabila berbeda-beda yang dikategorikan mampu, kurang mampu dan tidak mampu.
Kata kunci: Kemampuan, pecahan biasa, pecahan desimal.
Download berkas