Dr. Ir. HAYATININGSIH GUBALI, M.Si / 0023126308
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
ABSTRAK
Hartati Abdurahman. 2014. Penerapan Model Talking Stick Dalam Membaca Nyaring Pada Siswa kelas IV SDN 3 Bulango Ulu, Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Hawa Pattiha, S.Pd, M.Pd dan pembimng II Dr. Jusuf Jafar, M.Pd
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah Penerapan Model Talking Stick Dalam Membaca Nyaring Pada Siswa kelas IV SDN 3 Bulango Ulu, Kabupaten Bone Bolango?” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Model Talking Stick Dalam Membaca Nyaring Pada Siswa kelas IV SDN 3 Bulango Ulu, Kabupaten Bone Bolango. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru siswa kelas IV. Data yang dikumpulkan dari penelitian ini berupa observasi wawancara serta dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa Penerapan Model Talking Stick Dalam Membaca Nyaring Pada Siswa kelas IV SDN 3 Bulango Ulu, Kabupaten Bone Bolango hasil temuan umum dimana kesemuanya saling berkaitan antara satu sama lain secara aktif melaksanakan program-program belajar yang telah dilakukan untuk merubah sikap dan tingkah laku siswa kearah yang positif dan temuan khusus yang mampu 9 orang atau dengan pesentasi 81.82% dan yang tidak mampu 2 orang atau dengan persentasi 18.18%. Kesimpulan dari penelitian ini Penerapan Model Talking Stick Dalam Membaca Nyaring Pada Siswa kelas IV SDN 3 Bulango Ulu, Kabupaten Bone Bolango dapat menambah kemampuan siswa dalam membaca nyaring.
Kata Kunci : Model Talking Stick. Membaca Nyaring.