Penulis / NIM
MARYAM AGE / 151409336
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
Maryam Age. 2013. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Penampakan Bumi Melalui Metode Discovery di SDN 01 Telaga Kabupaten Gorontalo”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru sekolah Dasar. Fakultas Ilmu pendidikan.Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II. Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan metode Discovery hasil belajar siswa pada materi Perubahan Penampakan Bumi di Kelas IV SDN 01 Telaga Kabupaten Gorontalo akan Meningkat? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode penelitian tindakan kelas. Tujuannya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perubahan penampakan bumi melalui metode discovery yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo dengan karakteristik subjek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah 24 orang yang terdiri dari 14 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Dari hasil penelitian pada pembelajaran siklus I diperoleh data, dari 24 orang siswa yang dikenai tindakan hanya 10 orang siswa atau 41,7% yang memperoleh nilai 70 ke atas dengan daya serap 66,29% ,selanjutnya pada siklus II meningkat dimana siswa memperoleh nilai 70 keatas yang berjumlah 21 orang dari 24 orang siswa atau 87% dengan daya serap 87,08%. Dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode Discovery pada pokok bahasan perubahan penampakan bumi, hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Telaga Kabupaten Gorontalo meningkat.
Kata Kunci : Hasil belajar siswa, Metode Discovery
Download berkas