SKRIPSI

Penulis / NIM
SATRIANI NANI / 151409340
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Pembimbing 2 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Abstrak

ABSTRAK

Satriani Nani. 2013. Meningkatkan Kemampuan Siswa Membaca Nyaring Melalui Metode Pemberian Tugas Kelas II SDN 2 Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1. Dra. Ratnarti Pahrun, M.Pd, dan pembimbing II. Hj. Sumarni Mohammad S.Pd, M.Pd.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : “ Apakah kemampuan siswa membaca nyaring melalui metode pemberian tugas kelas II SDN 2 Telaga, Kabupaten Gorontalo dapat ditingkatkan ? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa membaca nyaring melalui metode pemberian tugas kelas II SDN 2 Telaga, Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Penelitian tindakan kelas terdiri dari 4 tahapan yakni Persiapan, Pelaksanaan Tindakan, Pemantauan dan Evaluasi, dan Analisis dan Refleksi. Pada pelaksanaan siklus I hambatan yang ditemui adalah masih banyak siswa yang tidak berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Hal ini disebabkan karena siswa masih belum percaya diri maju ke depan kelas untuk membaca, sehingga menyebabkan nilai rata-rata yang dicapai pada siklus I hanya 73% belum mencapai hasil yang diharapkan. Berdasarkan hasil yang dicapai pada siklus I menunjukkan bahwa hasil yang dicapai belum mencapai standar ketuntasan yang ditetapkan sehingga dilanjutkan dengan pelaksanaan siklus II. Pada proses pelaksanaan siklus II hambatan yang ditemui berkurang hal ini bisa dilihat dari meningkatnya rata-rata yang diperoleh siswa. Pada siklus II rata-rata yang diperoleh adalah 92%. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa 19 orang siswa atau 73%, siswa yang telah mampu membaca nyaring dan  pada siklus II menjadi 24 orang siswa atau 92%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode pemberian tugas dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas II SDN 2 Telaga Kabupaten Gorontalo dalam membaca nyaring.

 

Kata Kunci : Membaca Nyaring, Pemberian Tugas.

Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011