SKRIPSI

Penulis / NIM
NONAWATY USMAN / 151409347
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
NURHAYATI TINE, S.PdI, M.Hi / 0001048002
Abstrak
ABSTRAK Nonawaty Usman. Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Materi Perilaku Jujur, Disiplin Dan Senang Bekerja Melalui Media Gambar Di Kelas II SDN I Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Provinsi Gorontalo. Program Studi S1 PGSD. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo 2013. Pembimbing I Dra.Hj. Hakop Walangadi, M.Si dan Pembimbing II Nurhayati Tine S.Pdi, M.Hi Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN I Telaga, siswa yang dikenakan tindakan adalah siswa kelas II tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 15 orang, Masalah pokok dalam penelitian tindakan kelas ini, yakni Kurangnya pemahaman siswa pada materi Perilaku Jujur, Disiplin Dan Senang Bekerja di kelas II SDN I Telaga. Dengan tujuan utama penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas II SDN I Telaga pada materi Perilaku Jujur, Disiplin Dan Senang Bekerja melalui pembelajaran menggunakan media gambar. Adapun hasil-hasil temuan pelaksanaan penelitian tindakan kelas sebagai berikut: hasil pengamatan pemahaman siswa yang di nilai melalui penugasan presentasenya yaitu rata-rata capaian pemahaman siswa pada siklus 1, siswa paham 64,8% sedangkan siswa tidak paham adalah 35,2%. Dan pada siklus II paham mencapai 85,18% sedangkan siswa tidak paham 14,99%. Serta untuk hasil pemahaman siklus 1 dari 15 orang siswa, ternyata hanya 8 orang (53,33%) mencapai nilai 75 keatas. Sehingga dilanjutkan pada siklus berikutnya, karena belum memenuhi indikator kinerja yang ditetapkan. Untuk hasil siklus II : hasil pemahaman siswa, dari 15 orang siswa ternyata 13 orang (86,66%) mencapai nilai 75 keatas. Artinya bahwa indikator kinerja yang telah ditetapkan dipenuhi. Dengan demikian hipotesis penelitian “jika dalam pembelajaran PKn materi prilaku jujur, disiplin dan senang bekerja pembelajarannya menggunakan Media Gambar, maka pemahaman siswa akan meningkat “terbukti. Kata Kunci : Pemahaman dan Media Gambar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011