Penulis / NIM
SIKRIPON AMU / 151409354
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Pembimbing 2 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstrak
ABSTRAK
Sikripon Amu. Nim 151409354, “Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Operasi Hitung Campuran Bilangan Dua Angka Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Pada Siswa Kelas II SDN 5 Pulubala Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo”. Skripsi.2013. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dr. Hj. Asni Ilham, S.Pd, M.Si, Pembimbing II. Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd
Permasalahan dalam penelitian ini tentang “Apakah melaui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) kemampuan menyelesaikan operasi hitung campuran bilangan dua angka pada siswa kelas II SDN 5 Pulubala Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo meningkat?. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan operasi hitung campuran bilangan dua angka melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas II SDN 5 Pulubala Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dan masing-masing siklus satu kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu, persiapan, pelaksanaan tindakan, pamantauan dan evaluasi,serta analisis dan refleksi.
Dari hasil penelitian pada pembelajaran siklus I diperoleh data, dari 16 siswa yang dikenai tindakan hanya 9 orang siswa atau 56,25% yang memperoleh nilai 65 ke atas dan 7 orang siswa atau 43,75% yang memperoleh nilai 65 ke bawah hal tersebut belum mencapai indikator yang ditentukan yakni minimal 75% siswa yang dikenai tindakan dalam meningkatkan kemampuan operasi hitung campuran bilangan dua angka sehingga dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II diperoleh data, siswa yang memperoleh nilai 65 ke atas berjumlah 13 orang siswa atau 81,25% dan 3 orang siswa atau 18,75% memperoleh nilai 65 ke bawah. hasil tersebut mencapai indikator yang ditentukan sehingga penelitian ini dinyatakan berhasil.
Dari hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan maka peneliti menyimpulkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) kemampuan menyelesaikan operasi hitung campuran bilangan dua angka pada siswa kelas II SDN 5 Pulubala Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo meningkat.
Kata Kunci: Kemampuan, operasi hitung campuran dan Numbered Head Together.
Download berkas