Penulis / NIM
BERTI MANGKONA / 151409355
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Pembimbing 2 / NIDN
Dra HAWA PATTIIHA, S.pd .,M.Pd / 0021016008
Abstrak
ABSTRAK
Pendidikan bahasa Indonesia merupakan mata pelajaran yang diberikan pada setiap jenjang pendidikan, baik itu SD, SMP, SMA, maupun Perguruan Tinggi. Untuk itu berbagai strategi pembelajaran memegang peranan yang sangat penting dalam meningkatkan mutu pendidikan. Bahasa dalam perwujudannya merupakan struktur, mencakup struktur bentuk dan makna. Dengan menggunakan wujud bahasa itu, manusia saling berkomunikasi satu sama lain, sehingga dapat saling berbagi pengalaman dan saling belajar untuk meningkatkan intelektual. Penelitian ini mengkaji masalah tentang ketidakmampuan siswa dalam mengungkapkan ide/gagasan dalam menulis karangan, kurangnya keterampilan siswa dalam menulis karangan, dan rendahnya pemahaman siswa terhadap teknik Kalimat Mengalir. Dan metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pengumpulan data observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa, pada tindakan siklus I terdapat 9 orang atau 45% yang memperoleh nilai di atas 65. Namun penelitian ini dinyatakan belum berhasil, sehingga dilanjutkan dengan tindakan siklus II. Pada tindakan siklus II terdapat 18 orang atau 90 % memperoleh nilai di atas 65 dan 2 orang memperoleh nilai di bawah 65 atau sebanyak 10 % dari keseluruhan siswa yang berjumlah 20 orang. Berdasarkan hasil perolehan ini, penelitian dianggap berhasil. Dapat disimpulkan bahwa penerapan Teknik Kalimat Mengalir dan Media Gambar, ternyata dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan sederhana pada siswa kelas III SDN 5 Boliyohuto, dengan melihat hasil capaian siswa setelah dikenai tindakan pada penelitian ini. .
Kata Kunci : Menulis Karangan, Kalimat Mengalir dan Media Gambar Seri.
Download berkas