Penulis / NIM
MOHAMAD NOVAL POLAMOLO / 151409361
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK
Mohamad Noval Polamolo. 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Energi Bunyi Melalui Metode Demonstrasi di Kelas IV SDN 96 Sipatana Kota Gorontalo. Program Studi S1-PGSD, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd, M.Pd, Pembimbing II Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi energi bunyi di kelas IV SDN 96 Sipatana Kota Gorontalo?. Tujuan penelitian untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode demonstrasi pada materi energi bunyi di kelas IV SDN 96 Sipatana Kota Gorontalo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 19 siswa kelas IV SDN 96 Sipatana. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah “Jika guru menggunakan metode demonstrasi pada materi energi bunyi, maka hasil belajar siswa kelas IV SDN 96 Sipatana Kota Gorontalo akan meningkat”. Berdasarkan hasil penelitian tindakan diperoleh peningkatan hasil belajar sesuai dengan indikator yang ditetapkan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi energi bunyi di kelas IV SDN 96 Sipatana Kota Gorontalo.
Kata Kunci: Hasil, Belajar, Energi, Bunyi, Metode, Demonstrasi.
Download berkas