Penulis / NIM
FEMY A. HIOLA / 151409375
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK
Femi Hiola. 2013 Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Proses Daur Air
Melalui Media Gambar Di Kelas V SDN 1 Pulubala Kecamatan Pulubala
Kabupaten Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Program
SI PGSD. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing
I. Prof. Dr. H. Haris PanaI, S.Pd, M.Pd. Pembimbig II . Meylan Saleh, S.Pd,
M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : apakah melalui media gambar
hasil belajar siswa tentang proses daur air di kelas V SDN 1 Pulubala Kecamatan
Pulubala kabupaten Gorontalo dapat meningkat? Tujuan penelitian ini adalah
untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentang proses daur air melalui media
gambar di kelas V SDN 1 Pulubala Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo.
Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan teknik observasi.
Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis kuantitatif. Penelitian ini
adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 Siklus. Metode dalam
penelitian ini adalah kuantitatif. Berdasarkan hasil observasi awal, dari 28 siswa
yang sudah tuntas 8 orang atau 28,7 % dan yang tidak tuntas sebanyak 20 orang
atau 70 %. Pada siklus I meningkat menjadi 12 siswa atau 42,85% yang tuntas
dari 28 siswa, dan pada siklus II yang tuntas sebanyak 26 siswa atau 92,85 %,
sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 2 siswa atau 7,14 %.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan
media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 1 Pulubala
Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo dalam proses daur air.
Kata Kunci
: Hasil belajar, dan media gambar, Proses daur air
Download berkas