Penulis / NIM
KARTIN LAURESTABO / 151409376
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
SUMARNI MOHAMAD, S.Pd, M.Pd / 0024025602
Pembimbing 2 / NIDN
Dra RATNARTI PAHRUN, M.Pd / 0017095910
Abstrak
ABSTRAK
Kartin Laurestabo. 2013. Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menulis Paragraf Melalui Metode Inkuiri Di Kelas III SDN 2 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Hj. Sumarni Mohammad S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Dra Ratnarti Pahrun, M.Pd
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah kemampuan siswa dalam menulis paragraf dapat ditingkatkan melalui metode inkuiri di kelas III SDN 2 Tapa Kabupaten Bone Bolango?” Tujuan penelitian ini adalah melakukan pengumpulan data melalui proses pembelajaran dalam upaya meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis paragraf melalui metode inkuiri di kelas III SDN 2 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di kelas III SDN 2 Tapa Kabupaten Bone Bolango. Adapun tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak dua siklus diperoleh hasil dari 23 jumlah siswa yang dikenai tindakan pada siklus I yang mencapai kategori mampu sejumlah 14 orang atau 60.13%. Sedangkan pada siklus II kemampuan meningkat menjadi sejumlah sejumlah 21 orang atau 91.30%. Berdasarkan tindakan yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa metode Inkuiri dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis paragraf di kelas III SDN 2 Tapa Kabupaten Bone Bolango.
Kata Kunci: Menulis Paragraf, Metode Inkuiri
Download berkas