Penulis / NIM
ZULHAN MUHA / 151409377
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra.Hj EVI HASIM, M.Pd / 0028016006
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
ABSTRAK
Zulhan Muha. 2012. Skripsi. “Meningkatkan Kemampuan Bermain Drama Melalui Pembelajaran Jigsaw Pada Siswa Kelas V SDN 03 Dulupi Kabupaten Boalemo”. Program S1 PGSD. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Evi Hasyim, M.Pd dan Pembimbing II Dajani Suleman, M. Hum.
Masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan pembelajaran kooperatif jigsaw pada siswa kelas V SDN 03 Dulupi Kabupaten Boalemo dalam bermain drama akan meningkat?. Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatan kemampuan bermain drama siswa kelas V SDN 03 Dulupi Kabupaten Boalemo.
Hasil Penelitian pada siklus II yaitu : Dari aspek perwatakan, dari 20 siswa ada 15 siswa atau 75% siswa yang mampu bermain drama dengan jelas dan tepat terjadi peningkatan 35% dari siklus I. Dari aspek intonasi, dari 20 siswa ada 14 siswa atau 70% siswa terjadi peningkatan 30% dari siklus I. Dari aspek penghayatan, dari 20 siswa ada 13 siswa atau 70% siswa terjadi peningkatan 35% dari Siklus I. Dari aspek ekspresi, dari 20 siswa ada 15 siswa atau 75% siswa yang berekspresi sesuai dengan karakter tokoh terjadi peningkatan 35% dari Siklus I.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan yaitu : ternyata dengan menggunakan pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam bermain drama.
Kata Kunci : Drama, dan Teknik Jigsaw
Download berkas