Penulis / NIM
ZEFRIN / 151409380
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. HAKOP WALANGADI, M.Si. / 0012075808
Pembimbing 2 / NIDN
Dra ELMIA UMAR, M.Pd / 0023085805
Abstrak
ABSTRAK
Zefrin. 2012 Meningkatkan Pemahaman Siswa Siswa Di Kelas IV Pada Materi Kenampakan Alam Melalui Model STAD Pada Pembelajaran IPS di SDN No.89 Sipatana Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pebimbing I Dra. Hj. Hakop Walangadi, M.Si dan Pembimbing II Dra Elmia Umar, M.Pd.
Penelitian ini bermaksud Untuk meningkatkan pemahaman siswa di kelas IV pada materi kenampakan alam melalui model STAD pada pembelajaran IPS di SDN No. 89 Sipatana Kota Gorontalo. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model STAD pada pembelajaran IPS tentang kenampakan alam di kelas IV SDN No.89 Sipatana Kota Gorontalo pemahaman siswa akan meningkat?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model STAD dapat meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SDN No. 89 Sipatana Kota Gorontalo.Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas.
Pada pelaksanaan tindakan siklus I dengan menerapkan model STAD pemahaman siswa belum mencapai indikator yang diharapkan. Sehingga dilaksanakan siklus II sebagai refleksi dari siklus I. Pada siklus II terjadi peningkatan yaitu dari 73,5 % meningkat menjadi 81,3% atau indikator kinerja tercapai.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan melalui model STAD dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam pembelajaran IPS.
Kata Kunci: Pemahaman Siswa, Model Pembelajaran STAD
Download berkas