ABSTRAK
Sri Marni Ismail. 2013 Meningkatkan kemampuan siswa menulis karangan deskripsi melalui pendekatan keterampilan proses pada siswa kelas III SDN 7 Tibawa Kabupaten Gorontalo. Program Studi SI PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo . Pembimbing I. Dra. Hawa Pattiiha,S.Pd, M.Pd
Pembimbing II. Dra. Ratnarti Pahrun,M.Pd
Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan menulis karangan deskripsi melalui pendekatan keterampilan proses pada siswa kelas III SDN 7 Tibawa Kabupaten Gorontalo dapat meningkat. Adapun tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi melalui pendekatan keterampilan proses pada siswa kelas III SDN 7 Tibawa Kabupaten Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Langkah dalam penelitian ini yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi.
Hasil penelitian pada obesrvasi awal menunjukkan dari 20 siswa, hanya 6 siswa atau 30% memiliki kemampuan menulis karangan deskripsi. Tindakan siklus I menunjukkan bahwa, dari 20 orang siswa yang dikenakan tindakan, 9 orang atau 45% memiliki kemampuan menulis karangan deskripsi. Persentase ini meningkat pada siklus II. Dari 20 orang siswa yang dikenakan tindakan, 17 orang siswa atau 81,25 % memiliki kemampuan menulis karangan deskripsi.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan melalui pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi pada siswa kelas III SDN 7 Tibawa Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci :Menulis,karangan deskripsi, melalui pendekatan keterampilan proses