Penulis / NIM
SRI MARYAM DATAU / 151409386
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
ABSTRAK
SRI MARYAM DATAU, 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Daur Air Melalui Penggunaan Media Audio Visual di Kelas V SDN 28 Tibawa Kecamatan Tibawa Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1 PGSD, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI. S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Irvin Novita Arifin, S.Pd. M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran IPA khususnya materi daur air. Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA khususnya materi daur air melalui penggunaan media audio visual. Kemudian peneliti merumuskan hipotesis tindakan jika guru menggunakan media audio visual maka hasil belajar siswa kelas V SDN 28 Tibawa pada materi proses daur air akan meningkat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 1 siklus pada siswa kelas V SDN 28 Tibawa yang berjumlah 24 orang. Hasil penelitian pada observasi awal diperoleh bahwa ketuntasan secara klasikal hanya sebesar 58,33% dan nilai rata-rata siswa sebesar 68,08. Kemudian setelah dilaksanakan tindakan siklus 1 diperoleh ketuntasan belajar secara klasikal menjadi 83,33% dengan nilai rata-rata siswa sebesar 88,06.
Berdasarkan hasil yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA khususnya terhadap materi proses daur air.
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa dan Media Audio Visual
Download berkas