SKRIPSI

Penulis / NIM
NATRAWATY SALAM / 151409388
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Abstrak
ABSTRAK Natrawaty Salam. 2014. Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Operasi Hitung Campuran Melalui Penerapan Teori Belajar Polya Pada Siswa Kelas I SDN 3 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Samsiar RivaI, S.Pd, M.Pd dan pembimbing II Dra. Martianty Nalole, M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini "Apakah melalui penerapan teori belajar Polya dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita operasi hitung campuran pada siswa kelas I SDN 3 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango?" Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita operasi hitung campuran melalui penerapan teori belajar Polya pada siswa kelas I SDN 3 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap persiapan tindakan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, serta tahap analisis dan refleksi. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, dokumentasi dan tes Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tindakan siklus I terdapat 16 orang yang mampu menyelesaikan soal cerita operasi hitung campuran atau 50% siswa yang dikenai tindakan memperoleh nilai 70 ke atas dan 16 orang belum mampu atau 50% siswa memperoleh nilai 70 ke bawah. Hasil yang diperoleh belum mencapai indikator yang diharapkan yaitu minimal 80%. Sehingga dilanjutkan ke siklus II. Pada tindakan siklus II terdapat 29 orang atau 90.62% siswa telah memperoleh nilai 70 ke atas dan 3 orang belum mampu atau 9.38% siswa memperoleh nilai 70 ke bawah, ini berarti indikator kinerja telah tercapai dan pembelajaran dianggap tuntas. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan teori belajar Polya dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita operasi hitung campuran pada siswa kelas I SDN 3 Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango. Kata Kunci: Soal Cerita, Operasi Hitung Campuran, Teori Belajar Polya.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011