Penulis / NIM
YOSNA R HULUDU / 151409391
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. SALMA HALIDU, M.Pd / 0008036009
Abstrak
Yosna R. Huludu. 2013. Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Pengumuman Melalui Model STAD Di Kelas IV SDIT Permata Ummat Kabupaten Gorontalo. Skripsi . SI Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1: Dr. Yusuf Jafar, M.Pd.
Pembimbing II :Dra. Hj. Salma Halidu, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “apakah model STAD dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis pengumuman di kelas IV SDIT Permata Ummat Kabupaten Gorontalo?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa menulis pengumuman melalui model STAD di kelas IV SDIT Permata Ummat Kabupaten Gorontalo. Model pembelajaran yang yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu model STAD.
Metode penelitian ini adalah tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Metode penelitian ini adalah deskriftif kualitatif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil pelaksanaan yang dicapai pada siklus I belum menunjukkan hasil yang diharapkan. Karena dari 25 siswa yang dikenai tindakan 10 siswa atau 40% yang memperoleh nilai 70 ke atas. Sedangkan 15 siswa atau 60 % yang memperoleh nilai 70 ke bawah. Pada siklus II sudah meningkat menjadi 20 siswa atau 80% yang memeperoleh nilai 70 ke atas. Sedangkan 5 siswa atau 20% memeperoleh nilai 70 ke bawah. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui model STAD dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis pengumuman di kelas IV SDIT Permata Ummat Kabupaten Gorontalo
Kata kunci : menulis pengumuman, model STAD
Download berkas