SKRIPSI

Penulis / NIM
ROSMIYATI M. NUSI / 151409392
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
DR ASNI ILHAM, S.Pd, M.Si / 0007045908
Pembimbing 2 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Abstrak
ABSTRAK Rosmiyati M. Nusi. NIM : 151 409 392. Meningkatkan Kemampuan Mengelompokkan Bangun Datar Menurut Bentuknya Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Type Make a Match Pada Siswa Kelas I SDN 4 Tabongo Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo. Skripsi. Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan 2013. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan kemampuan mengelompokkan bangun datar menurut bentknya pada siswa kelas I SDN 4 Tabongo Kecamatan Tabongo? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengelompokkan bangun datar menurut bentuknya melalui model pembelajaran kooperatif Type Make a Match pada siswa kelas I SDN 4 Tabongo Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas, yaitu untuk memperbaiki proses pembelajaran tentang peningkatan hasil kemampuan siswa pada materi mengelompokkan bangun datar menurut bentuknya melalui model pembelajaran kooperatif type make a match. Hasil analisis data menunjukkan siklus I yaitu 10 dari 24 siswa atau 41,67% mampu mengelompokkan bangun datar menurut bentuknya dengan mendapat nilai 75 ke atas, dan 14 siswa atau 58,33% belum mampu mengelompokkan bangun datar menurut bentuknya sehingga dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II hasil penelitian menunjukkan bahwa 21 dari 24 siswa atau 87,5% mampu mengelompokkan bangun datar menurut bentuknya dan 3 siswa atau 12,5% belum mampu mengelompokkan bangun datar menurut bentuknya. Berdasarkan analisis serta interpretasi data disimpulkan bahwa, melalui model pembelajaran kooperatif type make a match kemampuan mengelompokkan bangun datar menurut bentuknya pada siswa kelas I SDN 4 Tabongo Kecamatan Tabongo Kabupaten Gorontalo meningkat. Kata kunci : Model Pembelajaran Make a Match, Bangun datar, Kemampuan.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011