Penulis / NIM
SRI YULANDA IBRAHIM / 151409393
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK
Sri Yulanda Ibrahim, 2013 Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Energi Panas Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Di Kelas IV SDN 08 Limboto Barat. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing ( I ) Drs. Djotin Mokoginta, S.Pd. dan Pembimbing ( II ) Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah dengan aktivitas siswa dalam pembelajaran materi energi panas melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match, hasil belajar siswa kelas IV SDN 08 Limboto Barat materi energy panas akan meningkat. Adapun tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi energi panas di kelas IV SDN 08 Limboto Barat melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, subjek dalam penelitian ini adalah 24 orang siswa kelas IV SDN 08 Limboto Barat. Adapun hipotesis tindakan dari penelitian ini adalah jika guru menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada materi energy panas, maka hasil belajar siswa kelas IV SDN 08 Limboto Barat akan meningkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada Siklus I siswa yang hasil belajarnya telah mencapai ketuntasan pada materi energi panas sebanyak 11 orang siswa atau 45,8%, sedangkan pada Siklus II hasil belajar mencapai ketuntasan sebanyak 21 orang siswa atau 87,5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match hasil belajar siswa pada materi energi panas meningkat sesuai indikator yang ditetapkan.
Kata kunci : Hasil Belajar, energi panas, model pembelajaran kooperatif tipe make a match.
Download berkas