Penulis / NIM
DIAN ISMAIL / 151409395
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. YUSUF JAFAR, M,Pd / 0027095706
Pembimbing 2 / NIDN
Dra HAWA PATTIIHA, S.pd .,M.Pd / 0021016008
Abstrak
ABSTRAK
Dian Ismail. 2013. Skripsi. Penggunaan Pendekatan Kontekstual dalam
Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Puisi di Kelas V SDN 6 Tibawa
Kabupaten Gorontalo. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dr. Yusuf Jafar, M.Pd
dan pembimbing II: Dra. Hawa Pattiiha, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan pendekatan
kontekstual dapat meningkatkan kemampuan siswa menulis puisi pada siswa
kelas V SDN 6 Tibawa Kabupaten Gorontalo? Dan tujuan penelitian adalah
melakukan perbaikan dalam
proses pembelajaran melalui penggunaan
pendekatan kontekstual dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa
kelas V SDN 6 Tibawa Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian tindakan kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode penelitian tindakan kelas dengan prosedur penelitian melalui tahap
persiapan, pelaksanaan tindakan, observasi dan evaluasi, serta analisis dan
refleksi. Indikator kinerja yang ditetapkan adalah jika 75% siswa memperoleh
nilai minimal 65 pada kemampuan menulis puisi, dan skor kegiatan guru dan
aktivitas siswa minimal 75%. Berdasarkan data yang diperoleh dari 25 orang
siswa dalam kemampuan menulis puisi melalui penggunaan pendekatan
kontekstual pada siklus I, siswa yang memperoleh nilai 65 ke atas berjumlah 15
orang dengan persentase 60%, dan pada pembelajaran siklus II mengalami
peningkatan dan dapat mencapai indikator kinerja yang ditetapkan yaitu siswa
yang memperoleh nilai 65 ke atas berjumlah 20 orang dengan persentase 80%.
Berdasarkan penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan
pendekatan kontekstual dalam menulis puisi siswa kelas V mengalami
peningkatan.
Kata kunci: Pendekatan kontekstual dan menulis puisi.
Download berkas