Penulis / NIM
MIRNA / 151409397
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK
MIRNA. 2013. Meningkatkan hasil belajar siswa pada materi penghematan air melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Archievemen Division (STAD) Siswa Kelas V SDN 11 Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. pada mata pelajaran IPA , Progrm Studi S1 PGSD. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1 Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI S. Pd. M. Pd, dan Pembimbing 11 Meylan Saleh S. Pd. M. Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada materi Penghematan Air melalui pembeljaran Kooperatif Tipe Student Team Archivemen Division (STAD) Di kelas V SDN 11 Limboto Barat dapat ditingkatkan?. Tujuannya adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pada materi Penghematan Air di kelas V SDN 11 Limboto Barat Kab. Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Pelaksanaan tindakan siklus 1, Siswa yang hasil belajarnya telah mencapai ketuntasan kriteria minimum yang telah ditetapkan oleh sekolah yakni 65 berjumlah 20 orang siswa dengan presentase 66,7%. dengan demikian masih terdapat 10 orang dari jumlah siswa yang memperoleh nilai maksimal 65. Pada pelaksanaan tindakan siklus 11 siswa yang hasil belajarnya telah mencapai ketuntasan kriteria yang telah ditetapkan sebanyak 26 siswa dengan presentase 86,7%. yang memperoleh nilai minimal 65 berjumlah 4 orng siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan melalui pembelajaran Kooperatif tipe Student Team Archievemen Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 11 Limboto Barat Kab. Gorontalo pada mata pelajaran IPA khususnya pada materi Penghematan Air.
Kata kunci: Hasil belajar, Penghematan air model pembelajaran STAD.
Download berkas