Penulis / NIM
VERLIN SULEMAN / 151409409
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Drs DJOTIN MOKOGINTA, M.Pd / 0010055705
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK
Verlin Suleman. 2013. Penerapan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran IPA di Kelas Tinggi di SDN 20 Dungingi Kota Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Drs. Djotin Mokoginta S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Meylan Saleh S.Pd, M.Pd.
Metode penlitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif, subyek penelitian yaitu siswa kelas tinggi yakni kelas IV dan V berjumlah 40 orang. Tahapan penelitian terdiri dari persiapan, pelaksanaan, dan penutup. Teknik pengumpulan data yaitu dengan Observasi, wawancara dan angket.
Pelaksanaan penelitian ini didasarkan pada rumusan masalah bagaimana penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA di kelas tinggi SDN 20 Dungingi Kota Gorontalo. Penelitian ini tujuan untuk menggambarkan bagaimana penerapan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA di kelas tinggi SDN 20 Dungingi Kota Gorontalo. Hasil penelitian berdasarkan hasil wawancara, observasi dan angket jelas bahwa metode eksperimen sering diterapkan dalam pembelajaran IPA di kelas tinggi. Hal ini terlihat kegiatan guru dalam belajar mengajar IPA dengan metode eksperimen sudah optimal berarti guru telah menguasai pembelajaran IPA dengan metode eksperimen selain itu dari pengamatan kegiatan belajar siswa dari beberapa aspek yang diamati terlihat bahwa siswa telah mencapai tujuan dari pembelajaran IPA dengan penggunaan metode eksperimen. Sebagai kesimpulan penelitian ini, motode eksperimen cocok diterapkan pada pembelajaran IPA di kelas tinggi SDN 20 Dungingi Kota Gorontalo.
Kata Kunci : IPA, Metode Eksperimen, Deskriptif.
Download berkas