Penulis / NIM
SUTIN K. LUAWO / 151409410
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. AHMAD LAMUSU, S.Pd, M.Pd / 0019125809
Abstrak
ABSTRAK
Sutin K Luawo. 2012.. Meningkatkan pemahaman siswa tentang sumber energi panas melalui metode discovery di Kelas IV SDN 34 Kota Selatan. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof.DR. Hi Abdul Haris Panai, S.Pd M.Pd, pembimbing II Drs. Ahmad Lamusu, S.Pd M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini apakah apakah metode discovery dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi sumber energi panas di kelas IV SDN 34 Kota Selatan Kota Gorontalo? Adapun tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pemahaman siswa kelas IV SDN No. 34 Kota Selatan Kota Gorontalo pada materi sumber energi panas melalui metode discovery. Hasil analisis data menunjukan ada peningkatan peningkatan pemahaman siswa kelas IV SDN No. 34 Kota Selatan Kota Gorontalo pada pembelajaran IPA tentang sumber energi panas dari siklus ke siklus. Hal tersebut ditunjukan oleh hasil pemahaman siswa pada setiap siklus. Pada siklus I Dari 34 orang keseluruhan jumlah siswa, terdapat 20 orang siswa yang yang memperoleh nilai 70 keatas atau sebanyak 59%. Pada siklus II sudah mengalami peningkatan yakni dari 34 orang keseluruhan jumlah siswa, yang memperoleh nilai 70 ke atas berjumlah 32 orang atau 94%. Dengan demikian, hal ini sudah memenuhi indikator kinerja dalam penelitian ini yaitu apabila 80% menunjukan pemahaman belajar yang baik dengan mendapatkan nilai 70 ke atas maka penelitian ini dianggap berhasil. Simpulan dari Penelitian ini adalah metode discovery sangat baik digunakan dalam pembelajaran IPA tentang sumber energi panas di kelas IV. Hal tersebut ditunjukan oleh hasil-hasil yang diperoleh pada siklus I sampai II yang memperlihatkan peningkatan yang cukup baik.
Kata Kunci: Pemahaman Siswa dan Metode Discovery
Download berkas