SKRIPSI

Penulis / NIM
CINDRAWATI KIAYI / 151409411
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
Pembimbing 1 / NIDN
ISMAIL PIOKE, S.Pd, M.Pd / 0024105703
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Abstrak
Abstrak Cindrawati Kiayi, Nim 151 409 411. 2013.”Meningkatkan Pemahaman Konsep Bilangan Romawi Melalui Media Kartu Bilangan Romawi Pada Siswa Kelas IV SDN 5 Pulubala Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Ismail Pioke, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II. Dra Martianty Nalole, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah melalui Media Kartu Bilangan dapat meningkatkan pemahaman konsep bilangan romawi pada siswa kelas IV SDN 5 Pulubala Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep tentang bilangan romawi dengan melalui media kartu bilangan romawi pada siswa kelas IV SDN 5 Pulubala Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 5 Pulubala Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo dengan karakteristik subjek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 14 orang yang terdiri dari 5 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yakni tahap persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, analisis refleksi. Serta pengumpulan data terdiri dari 4 tahapan yakni, observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Dari hasil penelitian pada pembelajaran siklus I diperoleh data, dari 14 orang siswa yang belum paham ada 9 orang atau 64,24% yang memperoleh nilai 60 ke bawah, ada 5 orang atau 35,6% yang paham dan memperoleh nilai 60 ke atas dengan persentase 62,14%. Sedangkan pada siklus II meningkat dimana siswa yang belum paham ada 2 orang atau 14,28% yang memperoleh nilai 60 ke bawah, ada 12 orang atau 85,72% yang paham dan memperoleh nilai 60 ke atas dengan persentase 88,57%. Dari hasil penelitian dan pembahasan, maka disimpulkan bahwa melalui media kartu bilangan romawi pemahaman konsep bilangan romawi pada siswa kelas IV SDN 5 Pulubala Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo dalam memahami bilangan romawi meningkat. Kata Kunci : Pemahaman Bilangan Romawi, Kartu Bilangan.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011